• SMKS ASY-SYAFI'IYAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA NABIRE
  • Kami Datang, Belajar, Berlatih, Profesional, dan Berahlak Mulia

Pembekalan PRAKERIN Siswa

Prakerin adalah atau Praktik Kerja Industri adalah program pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan yang dirancang untuk memberikan pengalaman kerja praktis kepada siswa. Prakerin biasanya merupakan bagian dari kurikulum sekolah menengah yang berfokus pada pendidikan kejuruan dan keterampilan. Program ini dirancang untuk membekali siswa dengan pengalaman nyata di dunia kerja, sehingga mereka dapat memahami lebih baik apa yang diperlukan untuk berhasil di lingkungan kerja.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang Prakerin:

  1. Tujuan: Tujuan utama Prakerin adalah memberikan siswa pengalaman langsung dalam dunia kerja. Dengan demikian, mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari di sekolah dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang mereka minati.

  2. Durasi: Prakerin biasanya berlangsung selama periode tertentu, misalnya beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kebijakan sekolah dan jenis program pendidikan kejuruan yang diberikan.

  3. Sektor Industri: Siswa dapat ditempatkan di berbagai sektor industri, termasuk manufaktur, perbankan, rumah sakit, perhotelan, teknologi, dan banyak lainnya. Penempatan ini biasanya sesuai dengan program pendidikan yang diikuti oleh siswa.

  4. Bimbingan: Selama Prakerin, siswa akan mendapatkan bimbingan dari supervisor atau mentor di tempat kerja. Mentor ini akan membantu siswa memahami tugas dan tanggung jawab mereka, memberikan arahan, dan memantau kemajuan mereka.

  5. Evaluasi: Setelah selesai Prakerin, siswa biasanya dinilai berdasarkan kinerja dan prestasi mereka selama periode tersebut. Penilaian ini dapat mencakup laporan kerja, presentasi, atau proyek yang harus diselesaikan.

  6. Manfaat: Prakerin memiliki banyak manfaat, termasuk membantu siswa memahami dunia kerja secara praktis, mengembangkan keterampilan pekerjaan, membangun jaringan profesional, dan membantu mereka membuat keputusan karier yang lebih baik.

Prakerin adalah komponen penting dalam pendidikan kejuruan dan membantu siswa menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah mereka menyelesaikan pendidikan menengah.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lomba LKS AutoCAD Wilayah Adat Mepago, dan Berhasil Meraih Juara 1 dan 2

Lomba LKS Autocad di wilayah adat Mepago pada tanggal 25 Juli 2020 yang diikuti beberapa sekolah di Kabupaten Nabire, lomba ini di selenggarakan di SMK 1 Nabire. SMK Asy-Syafi'iyah meng

07/05/2020 05:09 - Oleh SMKS ASY-SYAFI'IYAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA NABIRE - Dilihat 763 kali
Kegiatan PERJUSAMI

Perkemahan Jum'at, Sabtu, Minggu adalah kegiatan perkemahan atau camping yang dilakukan pada akhir pekan, yaitu pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kegiatan ini dipandu langsung dari ko

07/05/2020 05:09 - Oleh SMKS ASY-SYAFI'IYAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA NABIRE - Dilihat 819 kali
Tentang Alumni SMKS Asy-Syaf'iyah Teknologi Dan Rekayasa Nabire

Dimas jurusan Teknik Gambar Bangunan alumni Tahun 2019 berhasil masuk perusahaan konsultan di Jakarta dan pada November 2019 berhasil mewakili Indonesia dalam event planer airport se-As

07/05/2020 05:09 - Oleh SMKS ASY-SYAFI'IYAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA NABIRE - Dilihat 904 kali
Kunjungan dari Pengawas SMK Provinsi Papua

Kegiatan pengawasan SMK Provinsi Papua di SMK Asy-Syafi'iyah Nabire di lakukan oleh Ibu Ir. Ruth MA Widianti. Kegiatan ini di lakukan dalam rangka monitoring Sekolah Menengah Kejuruan y

07/05/2020 05:09 - Oleh SMKS ASY-SYAFI'IYAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA NABIRE - Dilihat 1107 kali